Mempertahankan?


Mempertahankan?

Pernahkah kamu merasa sekuat tenaga mempertahankan sesuatu namun di satu sisi apa yang kamu pertahankan tidak mempertahankan apa yang sudah kamu pertahankan?  Apa yang kamu rasakan, kehilangan, sedih, kecewa, menyesal, sakit hati, sia-sia?  

Berjuang? 
Rata-rata orang yang berusaha untuk tetap berjuang adalah mereka yang memang benar-benar tidak mau kehilangan. Makanya ia berusaha mempertahankannya karena memang ia tidak mau kehilangan apa yang menjadikannya untuk bertahan. Ia tidak mau kehilangan apa yang menurutnya sangat berarti dan berharga didalam hidupnya.

Tentang bertahan dan berjuang, dua definisi ini memiliki arti yang hampir berkaitan.
Lantas mengapa bertahan dan berjuang itu di perlukan?  Karena dengan keduanya akan membawa arah yang jelas kenapa ia perlu bertahan dan berjuang. Dengannya bisa sejalan, dengannya bisa seiya dan sekata. 

Namun ada yang memutuskan untuk bertahan tapi gak tau alasan pastinya. Mungkin sebenarnya mereka bukan gak tau, cuma bingung yang mana karena alasan itu terlalu banyak atau terlalu samar. 

Bertahan adalah sebuah pilihan, bisa jadi salah satunya tidak merasa kalau di pertahankan, bisa jadi ia hanya bertahan detik ini saja tapi tidak untuk memperjuangkanmu. Kemudian terbesit pikiran tentang apa yang udah kamu lakuin, ketulusan, dan pengorbanan adalah sebuah hal bodoh yang pernah kamu lakuin. Karena sebenarnya alasan mereka untuk terus bertahan adalah karena… pengorbanan  dan ketulusan. Bisa jadi kamu jadi orang yang di pertahankan apa mempertahankan. Tulus? Sepertinya saat ini memang sudah amat susah mencari orang2 yang benar2 tulus. Kalopun itu ada denganmu jangan pernah sia2kan. 

Ngomong2 tentang bertahan apa sih yang dipertahankan?  haha ya apa saja yang menurutmu berarti dan layak untuk dipertahankan dan diperjuangkan. Selamat mempertahankan apa yang membuatmu bertahan detik ini. 


Aii
Trenggalek, 22 juli 2018

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama